Minggu, 27 Maret 2011

E-COMMERCE

Pada zaman era globalisasi yang dimana-mana sudah sangat instant atau serba mudah dalam melakukan aktivitas apapun tak terkecuali dalam hal berbisnis/berbelanja. Di zaman sekarang begitu banyak kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dalam hal berbisnis/berbelanja sebagai salah satunya yaitu dengan e-commerce.
Apa sih e-commerce itu??mungkin kita sering mendengar istilah e-commerce tp belum mengetahui arti e-commerce itu sendiri. E-commerce (Perdagangan Elektronik),merupakan suatu transaksi dagang yang dilakukan secara online dalam suatu jaringan computer yang tertata dalam database antara pihak penyedia produk dengan pihak yang membutuhkan produk. Ecommerce mengizinkan anda untuk menjual produkproduk dan jasa secara online. Calon pelanggan atau konsumen dapat menemukan website anda, membaca dan melihat produk-produk, memesan dan membayar produk-produk tersebut secara online.


Mari kita lihat pada bagan dibawah ini perbedaan proses manual dengan proses menggunakan e-commerce :





Terlihat lebih simple bukan yang dengan menggunakan e-commerce.. 

Sekarang saya akan membagi pengalaman saya dalam melakukan bisnis online. Situs yang saya gunakan adalah www.kaskus.us sebenarnya masih banyak situs yang menawarkan atau menyediakan tempat untuk berbisnis online contoh lainnya seperti www.plasa.com dll. Saya memilih situs kaskus.us karena untuk memasang iklan saya tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratisan..hhe di situs ini kita hanya perlu registrasi untuk membuat id di kaskus lalu log in, lalu membuat post/thread untuk memasukkan apa yang ingin saya jual/beli. Kita bisa menjual/membeli bermacam-macam barang karena yang ditawarkan atau iklan yang ada di situs ini bukan hanya satu tipe barang. Saya akan menceritakan pengalaman saya sebagai penjual. Barang yang saya jual yaitu modem USB. Saya memilih menjual modem itu lewat internet karena lebih efisien,saya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos misalnya. Di hari pertama (pagi hari) saya membuat thread tentang barang yang akan saya jual (modem), lalu di malam harinya , saya langsung mendapatkan sms dari calon pembeli yang tertarik dengan modem tersebut , Cepat sekali bukan? Calon pembeli tersebut menanyakan kondisi barangnya lewat sms,setelah terjadi kesepakatan antara kami baru si calon pembeli menelpon saya untuk menentukan tempat bertemu karena kami sama-sama tinggal di Jakarta timur.

Dari pengalaman saya tadi agar terjadi transaksi antara si penjual dan pembeli harus ada kepercayaan antara keduanya. Keuntungan e-commerce bagi konsumen adalah melakukan bisnis secara online dengan mudah. Seorang konsumen tidak perlu mengantri di toko atau bahkan meninggalkan rumahnya; yang dilakukan hanya mengklik sebuah produk yang ingin dibelinya, memasukkan informasi kartu Kreditnya atau mentranfer uangnya lewat ATM, kemudian menunggu produk itu tiba melalui pos. Sedangkan keuntungan bagi penjual adalah efisiensi waktu dan biaya juga,jadi kita tidak perlu memasang iklan misalnya di Koran yang pastinya memerlukan biaya, dan kita juga tidak perlu menawarkan barang kita dr pintu ke pintu..hhee

Jadi bisa kita simpulkan kelebihan dan kendala e-commerce :

KELEBIHAN E-COMMERCE YANG LAIN :
• OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses
Manual.
• INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan
efisiensi dan efektivitas proses.
• PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk
dan jasa yang dipasarkan.
• INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang
akan meminimalkan “human error”
• TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi
yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani
pembayaran.
KENDALA PENERAPAN E-COMMERCE :
• Beberapa konsumen rentan terhadap perubahan
• Profil pengiriman: tidak semua produk bisa secara
efisien dikemas dan dikirim

0 komentar:

Posting Komentar

 
;