Senin, 15 Oktober 2012

Proses Perekrutan Tenaga Kerja

Perusahaan ibarat sebuah keluarga atau kelompok yang memiliki pemimpin dan anggota, dalam sebuah perusahan terdapat karyawan yang ikut membesarkan perusahaan tersebut, perusahaan besar karena memiliki kualitas yang mumpuni namun tidak jarang ada saja beberapa di antara mereka yang kurang. Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting bagi perusahaan. Mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan merupakan kunci utama bagi kesuksesan bisnis perusahaan.

Bagi sebuah perusahaan baik yang mulai berdiri maupun yang sudah berdiri, ketika mereka melakukan perekrutan karyawan baru tentunya mereka menginginkan karyawan yang mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, dan untuk mendapatkan kriteria tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain:
1.Merekrut orang harus sesuai dengan sifat, misalnya minat bekerja di restoran tapi tidak mau melayani orang dan susah tersenyum tentu tidak cocok. Jadi bukan hanya skill, tapi attitude juga harus disesuaikan dengan bisnisnya. Wajah cantik dan ganteng saja tidak cukup. Sebagai pemilik perusahaan, kita juga perlu karyawan yang mengantongi sederet persyaratan yang kita ajukan. Tujuan utama dari proses perekrutan dan seleksi ini adalah untuk mendapatkan orang yang tepat di bidangnya agar mereka mampu bekerja secara optimal.
2.Karena bisnis itu perlu interaksi antara pegawai dengan pemilik, maka harus ada kecocokan sifat. Kalau merekrut kalangan keluarga belum tentu cocok sifatnya, malahan kita kadang tidak bisa membedakan hubungan profesional dengan kekerabatan. Kecuali anak yang bisa membantu. Karyawan ini bisa dicari lulusan sekolah kejuruan.
3.Setelah merekrut dan mengembangkan keahlian, perlu memperhatikan leadership atau kepemimpinan karyawan. Karena semakin besar perusahaan, maka harus ada level selanjutnya yang diserahi sebagian pengelolaan perusahaan, dan kepemimpinan karyawan ini harus dilatih benar. Pemegang pekerjaan harus tahu tugasnya secara tepat.


Melakukan perekrutan seorang pegawai dapat dilakukan melalui banyak cara, antara lain
·                     Memasang iklan di media cetak maupun media elektronik
·                     Memasang iklan di pamflate
·                     Mencari pegawai melalui Linked, Facebook, Twitter, dsb
·                     Mencari pegawai dari mulut ke mulut

Sumber Referensi :
http://www.miswans.com/merekrut-dan-mengelola-karyawan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;