Minggu, 17 Oktober 2010

RESUME DIGITAL TELEVISION

Di era digital ini, hampir semua perangkat dan pengiriman informasi sudah digital, seperti kamera, handphone, semua sudah digital hanya sistem transmisi TV saja yang masih analog, ini sudah merupakan tuntutan perkembangan, semua sistem akan digital.
TV Digital, Apanya Yang Digital?Pengertian di sini bukan berarti pesawat TV-nya yang Digital, melainkan lebih kepada sinyal yang dikirimkan, adalah sinyal digital atau mungkin yang lebih tepat adalah siaran digital (Digital Broadcasting). Istilah digital sendiri berarti informasi yang diperinci menjadi serangkaian 1s dan 0s yang dimasukkan ke dalam bentuk yang dengan mudah dimanipulasi oleh microchip yang terletak di pusat setiap perangkat digital. Hal ini membedakan komputer dan banyak keturunan berikutnya dari media analog yang lebih tua seperti film, radio, televisi dan audio / rekaman video sebelum tahun 2000. 
Awal mula adanya DTV adalah dimulai pada tahun 1980, dari perkembangan televisi berdefinisi tinggi (high-definition television) yang disingkat HDTV. HDTV ini adalah teknologi yang dikembangkan oleh Jepang. Jepang berjanji untuk lebih meningkatkan kualitas gambar televisi dengan meningkatkan definisi, atau jumlah pemindaian baris, gambar, menggunakan metode analog. Jepang menjadi negara pertama yang memulai siaran HDTV pada tahun 1992. Lalu Amerika Serikat juga menciptakan teknologi DTV sendiri, dan produksi gambar televisi yang dibuat jauh lebih baik dari MUSE Jepang. Dengan digital ini satu kanal analog diisi satu program dengan digital bisa diisi oleh 6 dengan kompresi mpeg 2 bahkan dengan teknologi lebih maju mpeg 4 bisa diisi 10 oleh program. Ini bisa untuk penghematan kanal frekuensi.  Setelah di Jepang dan Amerika, televisi digital diluncurkan di Eropa Barat pada tahun 1998 dengan distribusi satelit dan terrestrial. Di Inggris pada tahun 1998 dengan 6 multiplexing layanan yang dialokasikan oleh Independent Television Committee untuk enam perusahan dimana layanan Freeview BBC pun termasuk di dalammya. Lalu diikuti Negara bagian eropa lainnya, dan Luxembrourg-lah yang menjadi negara pertama untuk menyelesaikan peralihan digital pada tahun 2006, dengan beberapa rencana untuk 2007 dan 2008.


Pendistribusian DTV ini menggunakan beberapa perangkat seperti :
·        Satelit
·        Cabel
·        Web-based digital television
·        DVD

OPINI :
Dengan adanya televise digital kita dapat memilih sendiri kapan akan menonton, remote tidak lagi untuk memilih saluran tapi juga untuk melihat simpanan program, (siaran interaktif). Televisi yang menjadi siaran interaktif akan lebih memudahkan pemirsanya untuk mencari-cari program yang dia sukai. Tidak ada lagi prime-time karena saat itu pemirsa dapat mencari program lain yang dibutuhkan. Dan dengan adanya teknologi siaran digital menawarkan integrasi dengan layanan multimedia lainnya serta integrasi dengan layanan interaktif seperti Video on Demand (VoD), bahkan layanan komunikasi dua arah seperti teleconference.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;